Halaman

Minggu, 07 Desember 2014

BOROBUDUR as National Heritage

Exit Dari Candi Borobudur
Jalan utama Menuju Candi Borobudur
Pada saat itu aku berkesempatan melakukan perjalanan ke kota magelang- Jawa tengah tepatnya ke tempat wisata Candi Borobudur. 
Jarak tempuh sekitar 40 km dari kota Yogyakarta sekitar 1,5 jam perjalanan. Rutenya juga gampang, kalo sudah masuk di jalan magelang, ikuti terus jalan nya lurus sampe ada plang tanda petunjuk arah kawasan Candi borobudur, trus belok kiri deh ikuti jalan terus sampe keliatan area wisatanya.

Aku dan para mahasiswa dari AKPARDA yogya melakukan perjalanan tersebut konvoy menggunakan sepeda motor. Lumayan untuk mengirit biaya dan lebih leluasa menikmati pemandangan alam selama perjalanan.

Borobudur adalah sebuah candi/temple. Merupakan tempat untuk sembahyang agama budha. Candi ini dibangun pada masa dynasti Wangsa Syailendra. 
Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. 
Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur di sekitar pelataran candi

Tiket masuk untuk mengunjungi candi ini sebesar Rp.30.000,- pada bulan Desember 2014 sebelum tanggal 20an. Karena dengar kabar katanya kalo sudah masuk tanggal 20an harganya akan naik. Karena bertepatan dengan perayaan natal dan Tahun baru biasanya harga untuk tempat wisata cenderung naik.

Tiket parkir Rp.3000,- dan kalau bisa cari tempat parkir yang strategis ya. karena takutnya kalo dari pintu masuk utama area wisatanya bisa kejauhan kalo parkir disitu. Usahakan cari tempat parkir yang dekat dengan pintu masuk ke ticket box nya ya alias loket. 
Selfie depan Stupa Borobudur
Selfie di depan Stupa candi Borobudur

Puncak paling atas di candi borobudur terdapat banyak stupa yang didalamnya ada patung buddha nya. Nah ada mitos jawa yang berkenaan dengan patung buddha yang disentuh bisa mendatangkan keberuntungan. Tapi kalo soal itu sebaiknya sesuai keyakinan aja ya. Gak bisa janji soalnya. Disanya juga banyak turis mancanegara, cuma tidak semua ramah. Jadi kalo mo mengunjungi tempat wisata tersebut harus lihat waktu juga ya, takutnya pas waktu itu kami kesana ternyata hujan jadi tidak bisa berlama lama menikmati keindahan national heritage itu. 

Oiya di kawasan pintu keluar menuju musium terdapat banyak pasar tradisional yang menjual barang tradisional. Cuma hati2 kadang ada yang kemahalan dan kalo beruntung ya bisa dapet harga yang lumayan murah lho untuk souvenir2 cantik ala jogja dan borobudur. Happy vacation day ya... 

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...